Keunggulan Pintu Kayu Jati Vs Pintu Kayu Lain

Keunggulan Pintu Kayu Jati Vs Pintu Kayu Lain

pintu kayu jati

pintu kayu jati

Keunggulan pintu kayu jati. Kayu sebagai material dasar untuk pintu rumah memang sudah lumrah digunakan. Pemakaian kayu pada desain interior rumah sendiri selalu terlihat mahal dan bergengsi. Bila Anda tengah menghadapi pertanyaan tentang pilihan pintu untuk interior rumah, sangat disarankan memberikan preferensi pada pintu kayu. Adapun alasan paling utama memilih pintu kayu yaitu karena prestise dan kemewahannya. Adapun fakta lain sebagai pendukung pemilihan pintu kayu pada interior rumah yaitu dikarenakan ramah lingkungan.

Selain itu, jangan lupa pula mengenai kualitas kinerja dari pintu kayu yang tahan dari kerusakan mekanis, tak membebani pemilik dilihat dari segi perawatannya, tahan lama, sementara berdasarkan karakteristik kayu secara alami, sebaiknya hindari pemakaian di dalam ruangan dengan kelembaban tinggi. Elemen kayu merupakan elemen terpenting dengan desain terlaris di dalam rumah. Sebab tak ada gedung perkantoran, apartemen, atau perumahan yang tidak memiliki pintu, baik itu pintu masuk maupun pintu interior. Produksi pintu maupun pemasangan pintu merupakan layanan yang kini paling populer dalam industri konstruksi.

Kelebihan Pintu Kayu Jati

Keuntungan utama dari pintu kayu tentu tak bisa diragukan kembali, yaitu lebih ramah lingkungan dan alami, terbuat dari bahan yang tak berbahaya dan aman untuk manusia. Pintu kayu bisa memberikan peluang beraneka macam desain modern. Pintu kayu jati memiliki daya tahan dan kehandalan yang tinggi. Bahkan sekarang ini, baik di apartemen maupun di dalam rumah sering menjumpai pintu dari kayu. Meskipun terkadang tampak usang, namun desain pada pintu kayu mampu bertahan sama persis sejak awal pemasangan. Maka dari itu, pintu kayu harus dilakukan perawatan supaya tetap memberikan penampilan menyenangkan bagi pemilik rumah.

Di industri woodworking, teak wood atau kayu jati merupakan jenis kayu yang begitu populer sebagai pilihan kayu terbaik, dimana biasa dipakai sebagai bahan konstruksi, sebagai bahan baku furniture, termasuk sebagai bahan pintu. Pertumbuhan dari kayu jati sendiri memang banyak di wilayah Asia, akan tetapi kayu yang satu ini adalah produk kayu terbaik dan unggulan dari tanah air. Pemakaian kayu jati umumnya untuk pembuatan kusen, flooring, pagar, kerangka rumah dan sebagainya.

Pengeringan Kayu Jati Sebagai Bahan Furnitur

Untuk dapat menghasilkan berbagai produk kayu berkualitas, bahan kayu jati umumnya harus dilakukan pengeringan dengan cara yang tepat terlebih dulu. Di zaman dulu, biasanya orang memotong kayu jati untuk jenis pohon yang sudah mengering. Dimana pohon terlebih dulu dibiarkan mati dengan kekadaan berdiri supaya mengalami pengeringan secara alami. Kemudian pohon baru dibelah serta digunakan jika sudah mengering, hal ini tentu saja memerlukan waktu yang cukup lama. Tapi di zaman sekarang ini, orang sudah memakai oven kayu sebagai media pengeringan kayu jati.

Sesudah kayu dibelah dan dipotong, selanjutnya dilakukan pengeringan dengan cara memasukkannya pada kiln dry. Umumnya memerlukan waktu selama 4-6 minggu pengeringan agar mendapatkan hasil berkualitas. Pengeringan pada kayu jati tak boleh terlalu cepat sebab hasilnya tak akan maksimal. Proses pengeringan yang sangat cepat justru bisa mengurangi kualitas pada kayu.

Finishing Kayu Jati

Kayu jati adalah kayu yang memiiki pori-pori, pola serat dan juga warna dasar sangat bagus. Umumnya produk yang memakai kayu jati sendiri sudah bisa dijual dengan keadaan unfinished sebab produk yang terbuat dari kayu jati biasanya tampak lebih menarik. Lewat warna dasarnya yang berwarna cokelat muda, biasanya produk olahan kayu jati ini mempunyai tampilan begitu menarik walaupun masih belum melalui proses finishing. Tak hanya itu, penampilan menarik tersebut sudah bisa dihasilkan meskipun hanya melalui finishing sederhana memakai wax atau teak oil.

Perbandingan Pintu Kayu Jati Dengan Kayu Lain

Kayu jati sebagai salah satu jenis kayu terbaik dengan berbagai keunggulan, seperti pengolahannya lebih mudah sebab kayunya bertekstur sangat “empuk”, lebih tahan lama dan awet karena tahan sampai puluhan tahun, pintu kayu jati tak mudah dimakan oleh rayap maupun serangga yang lainnya sehingga tak mudah keropos, tak mudah retak serta memimliki tampilan pori dan serat begitu menarik.

Untuk informasi lengkapnya bisa menghubungi arketing Arkana Jati dibawah ini :
CS : 083869446887

Email :
[email protected]