Memilih Desain Pintu Jati Dengan Tepat

Memilih Desain Pintu Jati Dengan Tepat

Desain pintu jati

Desain pintu jati

Desain pintu jati. Bahan kayu tentunya menjadi pilihan yang paling utama bahan daun pintu sebagai material bangunan di Indonesia. Untuk memperoleh nilai estetika yang sempurna, pintu kayu tak hanya harus lebih cantik tetapi juga harus anti rayap serta mempunyai tekstur sempurna. Akan tetapi kelembaban dan iklim bisa mengakibatkan perubahan ukuran pada daun pintu, khususnya bila kayu tersebut memilii satu bagian utuh saja.

Jenis-Jenis Pintu Kayu

Di bawah ini ada beberapa jenis pintu kayu yang bisa kita terapkan pada bangunan hunian, diantaranya :

  1. Pintu kayu campur/engineered

Pintu kayu campur atau engineered terbuat dari perpaduan bahan material kayu, umumnya sejenis kayu sisa yang nantinya dihancurkan lalu dijadikan satu menyerupai bentuk kayu solid lewat pelapisan veneer.

  1. Pintu kayu alami

Bila Anda memang mempunyai anggaran yang lebih, maka Anda bisa memilih jenis kayu alami. Kelebihan dari material kayu alami ini yaitu mudah dijumpai serta harganya tak terlalu mahal, sebab tersedia banyak pilihan bahan baku/mentah serta pengrajin lokal yang telah membuatnya.

  1. Pintu panel

Desain pintu ini masih populer dipakai pada hunian di Indonesia sebab tampak sederhana tapi elegan. Biasanya pintu kayu tersebut terdiri atas beberapa bagian diantaranya komponen panel board/blockboard/HDF/MDF, frame kayu, dan terkadang dengan tambahan panel kaca atau bahan lainnya. Pintu tersebut populer sebab desainnya yang bervariasi dan fleksibel dengan harga lebih terjangkau.

  1. Pintu Batten

Desain pintu jati yang satu ini lebih sering ditemukan di bangunan-bangunan tua, sebab desainnya yang mudah dibentuk dan sederhana. Hanya saja pintu batten ini sudah jarang dipakai dalam arsitektur modern walaupun dulunya begitu populer. Jenis pintu baten terbuat dari balok kayu kecil dengan ketebalan kurang lebih 35 mm dibentuk vertikal, kemudian dijadikan satu bersama grooving lalu diberikan 3 balok lainnya yang menjadi pengguat struktur. Meskipun sudah jarang dipakai sebagai desain pada pintu rumah tapi pintu ini masih banyak digunaan khususnya dalam desain bidang peternakan.

  1. Pintu flush

Pada umumnya desain pintu ini adaah desain pintu yang bisa dikatakan paling standar sebab desainnya polos. Adapun konstruksi pada pintu flush sendiri terdiri atas kerangka kayu/mdf/particle board, ditutup oleh triplek berukuran 3 mm lalu diberikan pelapis kulit. Model pintu ini umumnya lebih ringan, jadi lebih sering dipakai pada bagian interior ataupun sebagai pintu dalam, walaupun dengan penyesuaian material sedikit bisa digunakan menjadi pintu depan.

Perawatan Jenis Pintu Kayu Jati

Walaupun material kayu jati merupakan jenis kayu paling berkualitas diantara yang lainnya, namun akan lebih baik jika kita terus melakukan perawatan dengan tepat. Rayap biasanya menjadi perusak model pintu berbahan kayu sehingga membuatnya lapuk bahkan berubah menjadi debu. Untuk menghilangkan adanya rayap, sebenarnya bukan dengan penggunaan zat-zat kimia, tetapi juga dengjan cara membersihkan selokan dan saluran air, dengan begitu kelembaban pun tetap terjaga. Selain itu, rayap pun merasa tidak nyaman sebab biasanya rayap lebih menyukai tempat lembab.

Di samping itu, kebersihan ventilasi pun harus dijaga dengan baik. Usahakan Anda tak menempatkan bahan kayu sangat dekat dengan bagian pondasi rumah. Selain itu, hindari menupukkan bahan kayu di dalam rumah. Anda juga harus memastikan semua jenis lubang atau ventilasi bersih dari batu bata atau serpihan cat sebab  bisa mengundang datangnya rayap. Pastikan pula Anda merawat pintu beserta piranti kayu yang lainnya dengan berkala, dengan cara memberikan plitur yang baru dan membersihkannya. Jangan lupa, kayu yang kualitasnya lebih rendah tentu lebih rentan terhadap rayap.

Supaya pintu kayu Anda tahan terhadap paparan matahari dan hujan, sebaiknya lapisi seluruh bagian permukaan menggunakan pernis atau cat untuk melindungi bahan kayu, khususnya yang diformulasikan dapat menyerap sinar UV. Apabila Anda merasa belum yakin mengenai desain pintu jati mana yang pas diterapkan di rumah Anda atau merasa kurang yakin mengenai perawatannya. Maka bisa langsung menghubungi tenaga profesional ahli dalam bidang perpintuan. Sehingga Anda pun bisa melakukan perawatan yang tepat dan memilih desain pintu sesuai konsep rumah Anda.

Untuk informasi lengkapnya bisa menghubungi arketing Arkana Jati dibawah ini :
CS : 083869446887

Email :
[email protected]